Powered By Blogger

Jumat, 28 Agustus 2009

Kunjungan Rotterdam University ke FBS Jurusan Bahasa Inggris

Semarak suasana tampak di gedung baru Bahasa Inggris pada (1/5). Pasalnya hari itu dua orang perwakilan Rotterdam University berkunjung ke jurusan yang dipimpin oleh Dr. Oikurema Purwati, M.Appl. Mereka adalah Ton de Kraay dan Myrna Feverstake Smeele. Sebenarnya ada 5 orang perwakilan yang mengunjungi Unesa, namun mereka membaginya menjadi tiga tim, dua orang ke Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dua orang ke Jurusan Matematika dan satunya ke gedung Rektorat untuk membicarakan kerja sama.

Dalam kunjungannya, mereka membahas Teaching English for Young Learners (TEYL) atau pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak. Dalam workshop dan diskusi selama satu setengah jam, mereka bertukar pikiran tentang bagaimana bahasa Inggris diajarkan pada anak usia dini pada para dosen. Tidak mau ketinggalan, Jurusan Bahasa Inggris yang diwakili oleh Dra. Kusumarasdyati, Ph.D. juga memaparkan tentang bagaimana TEYL diajarkan pada anak usia TK sampai 12 tahun.

Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., salah satu panitia kunjungan perwakilan Rotterdam University ini mengatakan bahwa awal mula kedatangan perwakilan Rotterdam University ini adalah pada bulan November 2008. Dua orang perwakilan datang (salah satunya Ton de Kraay) dalam rangka kunjungan ke beberapa Sekolah Dasar (SD) di Surabaya, diantaranya Al-Hikmah, M.I. Jambangan, dan SD At-Taqwa. Saat itu Unesa yang juga diwakili oleh Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum. diminta mendampingi kedua orang yang datang ini. Di sinilah terjadi perbincangan di antara kedua belah pihak mengenai kemungkinaan kerja sama. Pada Bulan Maret 2009 lalu barulah ada e-mail yang menjelaskan bahwa mereka akan datang lagi ke Surabaya, salah satu tujuannya adalah untuk mengunjungi jurusan Bahasa Inggris.

“TEYL yang dijadikan mata kuliah pilihan diharapkan dapat menjadi mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Bahasa Inggris, terutama S-1 Pendidikan Bahasa Inggris. Lebih dari itu semoga setelah kunjungan ini Jurusan Bahasa Inggris bisa mengembangkan TEYL sebagai program unggulan,” tegas wanita berkerudung yang juga salah satu dosen jurusan Bahasa Inggris.

Alfanita Zuraida