Powered By Blogger

Jumat, 28 Agustus 2009

FBS Kampanyekan Global Warming Bersama Universitas Islam Malaysia


Senin (20/4), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unesa kedatangan mahasiswa dari Universitas Islam Internasional Malaysia. Mereka datang ke FBS Unesa atas gagasan yayasan MAAY (Moeslem Aid Asia Youth), sebuah yayasan sosial yang bergerak dalam bidang sosial budaya dan lingkungan hidup, terutama membantu orang-orang muslim. Organisasi inilah yang mencarikan sponsor untuk membantu 19 orang mahasiswa Malaysia mengunjungi Surabaya. Salah satu mahasiswa Malaysia itu adalah Irwansyah yang merupakan peserta Asian Pacific Interfaith Youth Camp 2008, sebuah kegiatan internasional tentang pencegahan global warming di dunia. Kegiatan ini diadakan oleh organisasi bernama Tunas Hijau yang membantu mahasiswa Malaysia yang sebagian berasal dari Jurusan Ekonomi untuk mengunjungi berbagai tempat di Surabaya.

Tujuan kedatangan 19 mahasiwa ini adalah mempelajari kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Surabaya. Lingkungan kampus adalah gambaran kecil dari masyarakat. Karena itu, mereka memilih mengunjungi dua kampus di Surabaya, yaitu Unesa dan STIE Perbanas. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui seni budaya di FBS Unesa, terutama di Jurusan Bahasa Jawa dan Seni Rupa. Selain itu, berbagai tempat menarik dan bersejarah juga dikunjunginya seperti Masjid Al Akbar Surabaya, Makam Sunan Ampel, panti asuhan, dan PT. PAL.

Kedatangan para mahasiswa Malaysia ini disambut panitia BEM FBS. Kali pertama, para mahasiswa negeri jiran ini diajak ke joglo FBS untuk menyaksikan EQS (English Green Squad) yang mengadakan workshop cinta lingkungan untuk menyambut peringatan hari bumi. Dalam workshop ini, EQS yang merupakan salah satu divisi BEMJ Bahasa Inggris mengundang anak-anak SD di antaranya SDN Lidah Wetan 462 dan SDN Lidah Wetan 463, untuk hadir dalam kegiatan ini. Acara ini menarik perhatian para mahasiswa Malaysia. Mereka pun bergabung untuk menyosialisasikan kegiatan cinta lingkungan kepada anak-anak SD ini.

Tepat pukul 8.00 WIB, panitia membawa mereka ke auditorium FBS untuk mengikuti acara yang telah dipersiapkan oleh panitia. Acara dibuka oleh Pembantu Dekan III FBS, Drs. Peni Puspito, M.Hum. dilanjutkan dengan berbagai hiburan kesenian yang antara lain Taiko dari Jurusan Bahasa Jepang, tari Sparkling Surabaya dari Jurusan Bahasa Inggris, dan tari Remo dari Jurusan Bahasa Jawa

“Sebenarnya kedatangan mahasiswa Malaysia ini sangat mendadak sehingga kepanitiaan pun cepat dilakukan. Namun, semua itu tidak mengurangi usaha panitia untuk menyambut kedatangan mahasiswa Malaysia itu dengan meriah. Bahkan, salah satu mahasiwa Malaysia yang ditanyai panitia tentang kesannya terhadap kunjungannya ke FBS Unesa menjawab seronok atau dalam bahasa Indonesia berarti bagus sekali. Hal ini menandakan kesuksesan panitia dalam menyambut para mahasiswa Malaysia itu,” terang Suwandi, Ketua Penyambutan Mahasiwa Malaysia, ketika dimintai pendapatnya tentang kedatangan mahasiswa Malaysia di FBS Unesa.

Mahasiswa Bahasa Inggris 2006 itu berharap semoga kedatangan mahasiswa Malaysia ini dapat memperkuat persaudaraan antarmahasiswa terutama dari dua negara yang berbeda. Selain itu, kunjungan mahasiswa Malaysia kemarin merupakan sebuah starting point untuk kegiatan selanjutnya. “Jadi harapan kita bisa menjalin kerja sama dalam bidang apa pun. Tahun 2010 akan ada Youth Camp lagi, kita berharap Unesa akan bisa dijadikan sebagai Field Trip, jika Unesa bisa menjadi contoh kampus yang peduli lingkungan hidup,” terangnya.

Alfanita Zuraida