Powered By Blogger

Jumat, 28 Agustus 2009

Knalpot Environment Friendly by FT Unesa

Teknologi oleh: Warju, S.Pd., M.T. Dosen Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Mesin
Universitas Negeri Surabaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah polusi udara yang disebabkan oleh karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) hasil pembakaran mesin yang dialirkan melalui knalpot, membuat resah masyarakat dunia. Bagi para pemilik motor Honda Karisma, Yamaha Vega, dan Kijang Innova dapat berbangga hati karena modifikasi knalpot untuk jenis kendaraan tersebut sudah ada dengan menambahkan katalis ke dalam knalpot agar lebih ramah lingkungan (environment friendly). Katalis adalah peralatan yang berguna untuk mengurangi polusi udara, terdapat dalam knalpot kendaraan bermotor. Sebenarnya materi katalis ini harus ditambahkan sendiri (dimodifikasi), karena dari pihak pabrik dari knalpot 3 merk kendaraan di atas belum menyediakannya.

Selama ini kustomer Kijang Innova selalu mengeluh tentang borosnya bahan bakar yang digunakan oleh mobil berbahan bakar bensin ini. Kijang LGX dengan cc yang sama (2000 cc) bisa 1:11 sedang pada Kijang Innova hanya 1:8. Tetapi jangan khawatir, karena mulai saat ini Anda dapat memasukkan bahan katalis tembaga ke dalam knalpot Innova. Dijamin, performa mesin akan naik, suara halus, plus irit bahan bakar.


Berbeda dengan knalpot Innova, pada knalpot Honda Karisma yang perlu Anda lakukan adalah menambah materi katalis berbahan tembaga yang dilapisi logam mangan pada katalisnya. Hal ini sudah terbukti dapat menurunkan emisi karbon monoksida (CO) 96% dan emisi hidrokarbon (HC) 95%.

Modifkasi knalpot ini juga dapat Anda lakukan pada kendaraan Vega produk lama. Pada Vega jenis ini juga belum disediakan teknologi katalitik, tetapi Anda dapat menambahkannya seperti pada Honda Karisma. Bentuk yang disarankan adalah sarang lebah. Tentu saja berbahan tembaga tetapi dilapisi krom.

Bahan dan cara yang harus disiapkan untuk memodifikasi knalpot Anda adalah sebagai berikut:
1. Logam tembaga yang berbentuk pipa, kemudian dibubut sampai menjadi serabut. Tembaga ini nantinya akan menjadi lapisan dasar katalis knalpot.
2. Untuk knalpot yang berlapis logam mangan ataupun krom, maka pada katalis tembaga, ditambahkan logam mangan atau krom sebagai pelapis keduanya.
3. Knalpot kendaraan yang akan diberi katalis, harus dimodifikasi dahulu bentuk bagian dalamnya. Karena jika kita ingin merubah knalpot, maka kita juga harus merubah design.
4. Khusus untuk knalpot mobil, katalisnya hanya berbahan tembaga tanpa perlu dilapisi lagi. Terdapat 3 pilihan modifikasi yang dapat anda lakukan pada Innova anda.

Penggunaan dalam jangka waktu yang lama ataupun terjadi kerusakan pada bahan-bahan tersebut di atas, dapat dengan mudah Anda dapatkan di toko bangunan yang menjual material katalis.

Herlina M. Arief